Profil Qori Murattal : Syaikh Hani Abdurrahim Ar Rifai


Syaikh Hani  Ar-Rifai lahir pada tahun 1974 di Jeddah,Kerajaan Arab Saudi. Beliau memliki 5 orang anak (dua anak laki-laki dan tiga anak perempuan). Saat ini ini beliau menjabat sebagai Imam dan Khatib di Masjid Anani di Jeddah.

Bacaan Qur’annya dikenal banyak dipenuhi dengan tangisan dan getaran yang membuat jiwa serta hati para pendengarnya tergetar, takut akan akhirat, takut akan dosa, ingat akan sedikitnya bekal kembali dan jauhnya perjalanan yang akan ditempuh.Sehingga banyak orang yang tertarik menyimak lantunan bacaannya yang begitu merdu.

Syaikh Hani tumbuh di lingkungan keluarga yang sangat mencintai al-Quran, dan tentu saja menjadikan pelajaran al-Quran sebagai suatu pelajaran yang sangat penting di dalam keluarga. Beliau sangat merasa sangat bersyukur dapat tumbuh dilingkungan religius , yang akhirnya membentuk pribadinya hingga seperti sekarang ini. 


Pada Usia 12 Tahun, Syaikh Hani sudah menyelesaikan seluruh 30 juz hafalannya. Beliau mempelajari al-Quran dari beberapa Syaikh ternama, seperti Syaikh Muhammad bin Abdurrahim, Syaikh Ali Jabir, dan Syaikh Muhammad Yusuf.


Beliau mengkhususkan diri pada Ilmu-ilmu keislaman di Universitas King Abdul Aziz, dan mengambil ilmu dari tangan-tangan ulama-ulama terbaik di sana dan beberapa Syaikh lainnya seperti al-Allamah  Syaikh Abdallah bin Bayyah, Syaikh Khaldun al-Ahdab, dan Syaikh Ali Jabir.


Selain itu, Syaikh Hani Ar-Rifai juga terpilih sebagai Qari khusus istana kerajaan oleh Departemen Kebudayaan dan Informasi Arab Saudi. Beliau juga terpilih sebagai Qari pribadi Raja Fahd bin Abdul Aziz Al-Saud sejak tahun 1998 hingga tahun meninggalnya.


Dari tahun 1998 sampai tahun 2002, Syaikh bekerja sebagai pengajar di berbagai sekolah umum yang berbeda di Arab Saudi. Beliau kemudian diangkat menjadi direktur urusan hukum di Rumah Sakit King Faisal dan Pusat Penelitian di Jeddah.


Selain itu, Syaikh Hani juga sering berpartisipasi terjun langsung ke masyarakat di dalam berbagai acara keagamaan, Membacakan al-Quran dan kadang juga turut menyampaikan ceramah dan tausiyah. Dan sering ditayangkan di beberapa channel TV di Kerajaan Arab Saudi.





29 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Ente tanya maqom syekh hani arrifa'i...? Nih ane kasih tahu.. !!! Maqomnya adalah "Ahlullah"...

      Delete
    2. bayati juga, beliau menguasai semua

      Delete
  3. Antara yang saya minati selain dari Misyari Rashid dan Saad Ghamdi.

    ReplyDelete
  4. Minat dan menyukai bacaan sheikh Hani.

    ReplyDelete
  5. Suaranya muncul di aplikasi Alquran terjemahan bahasa Indonesia karya Andi Unpam.

    ReplyDelete
  6. Lantunannya membuat saya betah mendengar, membaca Dan memahami arti Dari ayat2 Al Quran yg dibacanya

    ReplyDelete
  7. Bacaan qurannya menyentuh qolbu
    Saya oengagum berat Syeh Hani A Rifai
    Sekamat jalan mudah mudahan Alloh dpt menemukan kita di akherat nant bersama Rossululloh. Aamiin

    ReplyDelete
  8. Terimakasih informasinya tad. Ijin screenshot

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum saya Hadi di Brunei, sheikh Hani meninggal kapan?ada yg bisa saya down load bacaan yg 1 Al Quran?

    ReplyDelete
  10. Benarkah syeikh Hani Arrifai sudah meninggal ?

    ReplyDelete
  11. Saya suka dengan gaya bacaan beliau sehingga saya merinding mendengarnya...

    ReplyDelete