7 Alasan Logis Kenapa Anda Musti Belajar Bahasa Arab


Bagi sebagian orang mempelajari bahasa baru memang terlihat sulit. Namun, bagaimana halnya jika bahasa baru itu adalah bahasa yang terkait dengan Islam. Memang di dalam Islam tidak ada tuntutan untuk dapat berbahasa Arab. Tetapi ketika seorang dapat menguasainya, manfaat yang di dalamnya juga tidak sedikit. Tujuh hal ini mungkin saja menjadi alasan kuat Anda untuk tertarik kemudian belajar Bahasa Arab.


1. Dengan Bahasa Arab, Anda dapat memahami ayat-ayat Allah SWT tanpa terjemahan

Jika seseorang yang kita cintai mengirimkan surat dalam bahasa asing, kita akan terburu-buru untuk mencari tahu apa yang tertulis di dalamnya. Memang sudah ada terjemahan, tetapi makna sebenarnya hanya akan dipahami dalam bahasa aslinya. Bahasa Arab digunakan dalam Al-Qur’an karena kaya dan penuh makna.

2. Begitu juga dengan perkataan Nabi SAW

Bayangkan bisa membaca dan memahami kata-kata dari Nabi SAW tercinta langsung dalam bahasa Arab. Dengan belajar Bahasa Arab, berarti Anda akan dapat memahami hadits Nabi SAW tanpa perlu mengandalkan terjemahan.

3. Ingin shalat tambah khusyu’, belajarlah Bahasa Arab

Konsentrasi dalam shalat akan meningkat ketika kita dapat memahami arti dari bacaannya. Karena bacaan shalat menggunakan Bahasa Arab, maka belajar Bahasa Arab dibutuhkan dalam hal ini.

4. Memahami ilmu agama langsung dari sumber aslinya

Buku-buku berbahasa Arab memang telah banyak diterjemahkan. Namun, bukankah lebih baik dan lebih orisinil jika langsung merujuk ke kitab aslinya dalam Bahasa Arab. Semisal buku-buku tentang tafsir, fikih, sirah, dll.

5. Jangan salah, Bahasa Arab juga sebagai bahasa internasional

Bahasa Arab digunakan oleh lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia dan menjadi bahasa resmi di 24 negara. Dengan belajar Bahasa Arab, Anda dapat berkomunikasi dengan berbagai orang di seluruh dunia.

6. Peluang kerja Anda bisa lebih luas

Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang menguasai bahasa lain selain kesehariannya lebih dibutuhkan oleh sebuah perusahaan dan memeliki prospek kerja.

7. Belajar bahasa baru itu dapat meningkatkan kekuatan dan menguatkan memori otak kita

Dalam sebuah riwayat, Umar RA pernah berkata, “Belajar Bahasa Arab dapat memperkuat pikiran.”
Beberapa studi juga telah menunjukkan bahwa seseorang yang menguasai berbagai bahasa/ multibahasa adalah seorang komunikator yang baik, memiliki ingatan tajam dan kemampuan berpikir kritisnya meningkat, di samping keterampilan lainnya.
Saat ini kursus-kursus gratis maupun berbayar telah banyak tersedia. Aplikasi atau forum-forum online terkait pembelajaran Bahasa Arab pun juga semakin bertebaran. Sekarang tinggal usaha dan tekad kita untuk mempelajarinya. Dengan mengetahui manfaat yang sedemikian rupa, masih ragukah mempelajari Bahasa Arab?

No comments:

Post a Comment