Foto Jadul Menakjubkan Kehidupan Muslim Rusia Tahun 1910


Tahun 1910 adalah tahun sebelum terbentuknya Uni Soviet. Uni Soviet sendiri baru terbentuk pada tahun 1922 dan runtuh terpecah belah pada tahun 1991. Rusia dahulunya berbertuk kekaisaran, yang mana di bagian Asiah tengah dahulunya merupakan salah satu pusat peradaban Islam. Siapa yang tidak kenal Imam Bukhari ? Siapa yang tidak kenal Imam Tirmidzi ? dan beberapa Imam terkenal lainnnya. Disinilah kampung halaman mereka.

Selama tahun 1909 – 1912, seorang fotografer Sergei Prokudin- Gorskil sambil melakukan survey fotografi, mengambil beberapa foto – foto langka di Kekaisaran Rusia dengan dukungan Kaisar (Tsar) Nicholas II. Dia menggunakan kamera khusus untuk mengambul gambar dengan sangat baik, menggunakan filter cahaya merah, hijau, filter biru, yang memungkinkan gambar-gambarnya kemudian dikombinasikan dan diproyeksikan dengan warna yang mendekati sebenarnya. Ketika foto ini diambil, Revolusi Komunis di Rusia ataupun Perang Dunia I belum berlangsung.

Melompat ke masa silam,  kita akan mencoba ‘flash back‘ melihat apa saja dan bagaimana umat Islam hidup lebih dari satu abad yang lalu. Foto-foto ini disediakan oleh Perpustakaan Kongres, yang dibeli kembali pada tahun 1948


 Anak-anak laki-laki duduk di pelataran Masjid Tillia-Kari di Samarkand (sekarang- Uzbekistan).


 Dua tahanan terlihat diborgol bersama



Lelaki dan wanita yang mungkin suami istri dari Dagestan berpose bersama. Sang lelaki nampak menggenggam pedangnya


 Penduduk nomaden Kirghiz di Golodnaia Steppe (sekarang – Uzbekistan and Kazakhstan).



 Isfandiyar Jurji Bahadur Khan dari protektorat Rusia Khorezm (Khiva, sekarang menjadi bagian dari Uzbekistan modern) duduk di luar ruangan dengan seragam lengkap.


 Muslimah Dagestan dengan jilbab khasnya


 Gubernur (Emir)  Bukhara, Alim Khan (1880-1944), dengan pose resmi untuk potretnya, diambil pada tahun 1911 tak lama setelah terpilih sebagai amir Sebagai penguasa sebuah negara kota otonom di kota Islam Asia Tengah, Alim Khan memimpin urusan internal kepemimpinan sebagai monarki kerajaan mutlak (daerah istimewa otonom), meskipun sejak pertengahan 1800-an Bukhara telah menjadi negara bawahan dari Kekaisaran Rusia, sebelumnya dalam wilayah Daulah Turki Utsmani. Dengan berdirinya kekuasaan komunis Soviet di Bukhara pada tahun 1920, Emir melarikan diri ke Afghanistan di mana ia meninggal pada tahun 1944


 Seorang wanita Sart dengan burdahnya di Samarkand, Uzbekistan. Sampai revolusi Rusia tahun 1917, “Sart” adalah nama untuk Uzbek yang tinggal di Kazakhstan.


 Sebuah Rumah Kebab di  Samarkand (sekarang – Uzbekistan).


 Pengantar air di Samarkand (sekarang –  Uzbekistan).


 Membawa burung di tengah padang salju


 Seorang birokrat di Bukhara berpose untuk kamera


 Seorang pedagang kain di Samarkand (sekarang Uzbekistan) sedang duduk di tokonya


Pedagang buah sedang menanti pelanggan


Gembala beristirahat di dekat bukit, Samarkand (sekarang Uzbekistan).


Lesehan di Masjid di  Samarkand (sekarang- Uzbekistan).


 Siswa belajar dengan guru mereka di madrasah (sekolah Islam) di Samarkand (sekarang Uzbekistan).


 Para siswa duduk di luar madrasah mereka (sekolah Islam) di Samarkand (sekarang Uzbekistan).


 Guru agama bersama dua anaknya


 Jamaah terlihat luar Masjid di Samarkand (sekarang Uzbekistan).


Habis liat foto-foto seperti ini rasanya adem gimana gitu. hehe.. bagaimana dengan anda? Silahkan komentar dibawah ya dan jangan lupa dishare.

Sumber :
- http://ilmfeed.com/20-fascinating-photos-of-muslims-in-1910-russia/
- http://alhikmah.co/2015/06/10/20-foto-lawas-menakjubkan-kehidupan-umat-islam-di-rusia-tahun-1910/






No comments:

Post a Comment