Teganya, Ternyata Makam Imam Nawawi Sudah Dihancurkan

Penulis lagi bikin artikel tentang biografi Imam Nawawi, lagi cari-cari gambar referensi di google. Eh.. Subhanallah!!! Ada penampakan makam beliau yang habis di bom. Tega benar. Mungkin ini berita lama, sudah 2 tahun lalu tapi penulis yakin masih banyak pembaca muslim yang belum tahu. Biarlah sekedar jadi bahan pembelajaran dan renungan buat kita semua.

Makam seorang ulama besar Al-Imam An-Nawawi ( Baca juga : biografi imam nawawi ) dihancurkan dan diledakan oleh sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab pada Rabu (7/1/15). Berita ini tersebar melalui sebuah video yang dirilis di Youtube. Dimana dalam video tersebut menampakan suasana makam Imam Nawawi yang sudah porak poranda. Nampak bekas-bekas bangunan hancur dan sisa-sisa benda terbakar. Nampak pula papan yang sudah rusak bertuliskan nama Imam Nawawi serta hari kelahiran dan kematiannya. Dalam video yang berdurasi satu menit itu terdengar pula sesorang yang berbicara dengan nada penuh ketidak percayaan. Ia mengatakan bahwa "makam Imam Nawawi telah diledakan oleh orang tidak bertanggung jawab".


Foto Makam Setelah dihancurkan
Jabhah Nusroh menghancurkan makam yang berusia 800 tahun itu karena menganggap penghormatan pada makam Imam sama dengan menyembah berhala. Ini dipicu oleh fatwa yang dikeluarkan para pemimpin mereka, bahwa ziarah kubur di makam ulama terkait erat dengan syirik (musyrik).


Foto Makam Sebelum Dihancurkan
Sebuah sumber menyebutkan pelaku menghancurkan makam dengan cara menggali tanah dan menanam bom, lalu diledakkan. Kementerian Wakaf Islam Suriah mengutuk pemboman sebagai serangan terhadap sejarah dan warisan negara. Laporan PBB pada akhir Desember 2014 menyebutkan, 290 situs di seluruh negeri telah terkena dampak langsung perang Suriah. Sebanyak 24 situs hancur, 104 rusak berat, 85 rusak sedang dan 77 kemungkinan rusak.

No comments:

Post a Comment