Mengenal Terapi Bekam, Penyembuhan ala Nabi

Anda pasti pernah mendengar tentang Bekam atau Hijamah. Terapi ini merupakan salah satu pengobatan alternatif tertua yang pernah ada dan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Berdasarkan sejarahnya, terapi bekam berasal dan berkembang pertama kali di Mesir, China, dan Timur Tengah. Salah satu buku kedokteran tertua di dunia, Ebers Papyrus, menggambarkan bahwa orang Mesir kuno menggunakan terapi ini pada tahun 1550 sebelum Masehi.


 Apa itu Bekam?                        

Terapi bekam adalah pengobatan alternatif dengan menggunakan beberapa mangkuk kecil yang ditaruh di atas kulit kita, lalu dipanaskan untuk membuat kulit terisap. Mangkuk atau cup yang digunakan bisa terbuat dari beberapa bahan berupa kaca, bambu, ataupun tembikar. Efek kerjanya secara umum adalah bahwa isapan dengan mangkuk tersebut bisa memperlancar aliran darah untuk mendorong penyembuhan sejumlah penyakit.Pada akhir-akhir ini metode terapi dengan bekam menjadi populer dengan begitu cepat. Pertama, metode ini merupakan Sunnah yang dianjurkan, dan otomatis banyak muslim yang tertarik untuk mencobanya. Kedua, orang menjadi sadar akan efek samping jangka panjang obat dan pengobatan modern yang telah memaksa orang untuk mencari cara lain untuk mengobati penyakit.


Hadis Tentang Bekam 

Ada banyak riwayat yang menceritakan faedah-faedah dari bekam ini, kita nukil beberapa saja disini :

سُئِلَ أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ عَنْ كَسْبِ الْحَجَّامِ فَقَالَ احْتَجَمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَجَمَهُ أَبُو طَيْبَةَ فَأَمَرَ لَهُ بِصَاعَيْنِ مِنْ طَعَامٍ وَكَلَّمَ أَهْلَهُ فَوَضَعُوا عَنْهُ مِنْ خَرَاجِهِ وَقَالَ إِنَّ أَفْضَلَ مَا تَدَاوَيْتُمْ بِهِ الْحِجَامَةُ أَوْ هُوَ مِنْ أَمْثَلِ دَوَائِكُمْ

Dari Anas bin Malik r.a,(ditanya) mengenai Hijamah, beliau berkata : bahwa Sesungguhnya Rasulullah ber-bekam/hijamah dan memrintahkan keluarga beliau dan Rasulullah bersabda: Sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah dengan Hijamah.Hadit dari Ibnu Abi Umar juga menyebutkan demikian(Shahih Muslim 1577)

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ احْتَجَمَ فِي رَأْسِهِ

Dari Ibn Abbas r.a, bahawa Rasulullah pernah dihijamah di kepala beliau(Shahih Bukhari – Bab Bekam di Kepala)

“Pengobatan yang paling utama yang kalian lakukan adalah hijamah.”
Muttafaq Alaihi; Al Bukhary, 5696; Muslim,1577


 
Inilah yang dapat kami pahami dari sabda Nabi SAW. Kemudian ketika hal itu kita praktikkan, maka kami melihat keajaiban yang mencengangkan, yang tidak dibenarkan kecuali oleh hati yang dipenuhi keyakinan, lalu lidahnya berucap, “Benar engkau wahai Rasulullah, tentang apa yang engkau beritakan.” Banyak penyakit yang tidak mampu ditangani oleh ilmu medis modern dan para dokter angkat tangan untuk menyembuhkannya. Tapi justru penyakit itu sembuh berkat pengobatan ala-Nabi.

Penyakit yang Bisa Sembuh Dengan Bekam

Baru-baru ini, ketika beberapa atlet Olimpiade terlihat dengan bintik-bintik di tubuh mereka, ditemukan bahwa mereka benar-benar menggunakan bekam untuk meningkatkan kinerja dengan mengurangi kekakuan, kram otot, dan jaringan parut yang disebabkan oleh cedera.


Sepanjang sejarah, terapi
bekam telah digunakan untuk menyembuhkan penyakit usus dan perut terkait seperti nyeri sering perut, diare, gastritis akut, kehilangan nafsu makan, penyakit gastrointestinal dan retensi air.Bekam juga membantu dalam mengobati masalah pernapasan dan dingin. Mengobati penyakit seperti tuberkulosis paru dengan bekam juga ditemukan dalam sejarah panjang sebelum ditemukannya resep pengobatan berupa obat-obatan. Bekam  juga dapat membersihkan paru-paru dari dahak, lendir, dan kotoran berbahaya lainnya.Selain itu juga dapat digunakan untuk mengobati batuk kronis yang berkepanjangan, asma, dan alergi.

Bahaya Bekam Jika Dilakukan oleh Bukan Ahlinya

Bekam ada juga ilmunya. Jika anda ingin berbekam, pastikan anda melakukannya dengan bantuan orang yang benar-benar ahli dalam bidang bekam. Selain itu, usahakan memilih terapis bekam yang memiliki latar belakang medis dan ia mengetahui secara pasti latar belakang organ tubuh manusia. Kemudian pastikan Anda menggunakan alat-alat bekam yang telah memenuhi standar operasional medis dan sterilisasi. Oleh karena itu terapis bekam yang anda mintai tolong baiknya memiliki ilmu medis yang dapat membantunya untuk mensterilkan alat-alatnya sesuai dengan standar yang berlaku.
Setelah menyebutkan beberapa daftar panjang manfaat dari bekam, penulis ingin mengakhiri artikel ini dengan catatan yaitu bekam penting untuk gaya hidup sehat. Dan yang terutama mengingat posisinya yang dapat menjadi nilai ibadah karena ia merupakan yang merupakan sunnah Nabi. Wallahu A’lam


No comments:

Post a Comment